Kunjungan Studi Banding Perpustakaan Institut Teknologi Sains Bandung

Pada hari Senin, 22 November 2021 Perpustakaan Akper RS Dustira menerima kunjungan studi banding dari Perpustakaan Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB). Pihak ITSB diterima langsung di Ruang Rapat oleh Direktur Ibu Dra. Hj. Sri Gunarni, Kepala Perpustakaan Akper RS Dustira Ibu Shanti Maulani, S.IIP, para Wakil Direktur dan Kepala Unit Kerja di lingkungan Akper RS. Dustira.

Studi banding ini merupakan bagian dari program kerja Perpustakaan Akper RS. Dustira untuk melakukan sharing informasi pada pihak internal dan eksternal, juga memperluas jejaring kerjasama bidang perpustakaan.

Pada saat penerimaan tamu kunjungan, Ibu Direktur memberikan sambutan. Beliau menyampaikan beberapa poin mengenai pentingnya penjaminan mutu baik penjaminan mutu internal maupun penjaminan mutu eksternal (akreditasi). Perpustakaan merupakan unit penunjang dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dengan demikian penyelenggaraan perpustakaan wajib  menyesuaikan dengan Standar Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Peringkat akreditasi perpustakaan memberikan nilai tambah pada akreditasi institusi perguruan tinggi dan program studi. Perpustakaan Akper RS. Dustira telah terakreditasi Baik (B) dari Lembaga Akreditasi Perpusnas RI yang berakhir pada 17 maret 2024. Untuk itu penjaminan mutu perpustakaan perlu dipastikan tetap berjalan sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku, sebagaimana semangat visi misi institusi yaitu profesional, solid dan disiplin.

Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan proses penilaian terhadap perpustakaan perguruan tinggi apakah penyelenggaraan perpustakaannya sudah sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan atau belum? Sebagaimana amanat Undang-undang Perpustakaan No.43 tahun 2007 pada Pasal 24 ayat 1 bahwa:
Setiap perguruan tinggi menyelenggarakan perpustakaan yang memenuhi standar nasional perpustakaan dengan memperhatikan Standar Nasional Pendidikan.

Adapun yang dibahas dalam sesi sharing adalah persiapan akreditasi perpustakaan khususnya mengenai pengisian borang akreditasi perpustakaan perguruan tinggi. Kepala Perpustakaan masing-masing institusi melakukan sharing knowledge terkait persiapan bukti fisik setiap komponen. Setelah sesi sharing, para tamu diajak melakukan library tour agar dapat melihat secara langsung layanan-layanan yang dimiliki Perpustakaan Akper RS. Dustira serta aktivitas para pustakawan dalam mempersiapkan akreditasi perpustakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *